Perkembangan Janin 3 Bulan di Dalam Kandungan

Perkembangan Janin 3 Bulan di Dalam Kandungan – Ketika masa kehamilan tiba kaum wanita terkadang merasa khawatir akan terjadi sesuatu pada janin yang dikandungnya. Maka tak heran jika mereka senantiasa mengecek keadaan janin di setiap bulannya. Pada umumnya janin pada usia 3 bulan akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Apalagi pada ibu hamil yang memiliki peningkatan berat badan yang drastis dengan janinnya. 

Perlu diketahui bahwa hormon pada usia janin 3 bulan, ibu hamil mengalami perubahan cukup stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Bahkan aliran darah ke janin mulai meningkat, ibu hamil mulai merasakan merasa kurang nyaman dan mudah lelah saat hendak melakukan aktifita harian. Nah, untuk selengkapnya kenali perkembangan janin 3 bulan di dalam kandungan seperti berikut ini. 

Perkembangan Janin 3 Bulan di Dalam Kandungan


1. Perkembangan Janin Minggu ke-9 
Jika pada minggu ke-9 maka untuk jenis kelamin laki-laki sudah dapat dipastikan, sedangkan perempuan masih sesekali meragukan. Bahkan mulut dan hidung janin telah terlihat dengan jelas, lalu terlihat pula bagian tungakai dan lengan yang mulai tumbuh. Biasanya janin telah mampu membuka dan menutup mulutnya, serta dapat melakukan gerakan menelan dan menghisap. Aktifitas menelan janin terkadang bisa sampai 25 kali dalam satu jam. 

Sementara itu, pada area kuku di setiap jari tangan dan kakinya mulai muncul. Menurut pakar kesehatan di minggu ini kondisi janin telah mempunyai panjang sekitar 39 mm dengan berat 20 gram. Pada perkembangan janin telah mengalami perubahan pada daerah  perut dan rongga dada, serta otot mata maupun bibir mulai membentuk. 

2. Perkembangan Janin Minggu ke-10  
Pada minggu ke-10 rupanya janin untuk jenis kelamin perempuan sudah terindentifikasi dengan jelas. Adapun tulang telah menggantikan tulang muda, kemudian bagian diafragma  telah memisahkan jantung dan paru-paru dari perut. Pada area otot memang mulai berkembang cepat dalam bulan terakhir usia janin ini, sehingga keadaan kepala lebih besar daripada tubuh. Bahkan sistem otot dan saraf sudah mencapai tingkat kematangan yang stabil. 

3. Perkembangan Janin Minggu ke-11
Ketika memasuki usia minggu ke-11, janin sudah memiliki panjang hingga mencapai 6,5 cm, baik untuk rambut, kuku jari tangan, dan kaki mulai tumbuh berkembang. Organ seks luar juga sudah terbentuk yang lengkap dengan folikel-folikel rambut maupun gigi. Bayi pun sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk kencing. Sesekali pula janin mampu melakukan gerakan menguap. Gerakan janin kaki dan tangan, termasuk gerakan menggeliat, meluruskan tubuh hingga menundukkan kepala sudah bisa dirasakan oleh sang ibu. 

4. Perkembangan Janin Minggu ke-12 
Hampir semua organ vital bayi sudah terbentuk, mulai dari otak, otot akan merespons dan bayi mulai menendang. Perkembangan juga terlihat pada pertumbuhan bayi yang semakin membesar. Bahkan biasanya janin di usia tiga bulan akan mengalami cegukan yang dianggap hal wajar. Cegukan tersebut terjadi antara frekuensi 90 kaki cegukan dalam satu jam. Cegukan yang dialami janin berguna untuk memperkuat jaringan otot di dalam organ pernapasan. 

Subscribe to receive free email updates: