Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil – Bagi wanita hamil mengalami kaki bengkak sebenarnya termasuk hal yang wajar. Adapun pembengkakan pada kaki tak jarang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, bahkan selalu sulit untuk melakukan berbagai aktifitas. Biasanya pembekakan akan terjadi pada bagian lutut ke bawah, sehingga terkadang sungkar untuk berjalan atau kerap merasa lelah pada saat berjalan kaki.

Menurut pakar kesehatan kondisi ibu hamil yang menderita kaki bengkak ditimbulkan oleh perubahan kadar hormon. Dimana telah terjadi pelepasan hormon selama masa kehamilan berlangsung, sehingga menyebabkan tubuh menahan lebih banyak cairan maupun garam. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil mengetahui penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil seperti ulasan berikut ini.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

1. Aliran Darah Kurang Lancar
Jika terjadi kelebihan cairan dan kuranya aktifitas fisik pada ibu hamil, memungkinkan aliran darah balik ke organ jantung akan terhambat. Hanya saja aliran darah tidak lancar dan semakin diperberat oleh rahim pada usia kandungan yang sudah tua. Dengan begitu, semakin besar ukuran rahim, maka aliran darah semakin terhambat yang dibawa pembuluh darah dari kaki.

2. Kelebihan Cairan
Wanita hamil yang kelebihan cairan diakibatkan oleh proses hormonal. Jika dari dalam tubuh telah terjadi pengeluaran hormon kortisol dan aldosteron yang akan menahan air di dalam tubuh ibu hamil. Hal tersebut yang membuat kaki bengkak pada kaki wanita  hamil atau terjadi edema fisiologis.

3. Malas Bergerak
Kurang gerak akan menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil 9 bulan. Pasalnya darah dari pembuluh darah yang berada di bagian bawah tubuh membutuhkan pergerakan aktif dari otot-otot kaki  untuk memompa darah ke atas.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

1. Tidur dengan Posisi Miring
Sebaiknya ibu hamil memilih tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri. Pasalnya dengan posisi miring ini akan membuat aliran darah dari kaki menuju ginjal menjadi lebih lancar. Apabila aliran darah lancar, maka bengkak pada kaki bisa teratasi sedini mungkin.

2. Mengganjal Kaki Menggunakan Bantal
Cobalah anda mengganjal kaki menggunakan bantal. Hal semacam ini akan menjadikan posisi kaki lebih tinggi daripada posisi badan. Dengan begitu aliran darah dari kaki menuju jantung atau ginjal lebih lancar. Jika aliran darah lancar maka bisa mengatasi bengkak berlebihan pada bagian kaki.

3. Mengompres Kaki dengan Air Dingin
Air dingin memang memiliki manfaat untuk meredakan kaki yang bengkak. Anda cukup mencampurkan air biasa menggunakan air es. Setelah itu, celupkan handuk bersih ke dalam air tersebut. Kompres kaki yang dirasa bengkak dengan handuk tadi, selama 15-20 menit.

4. Stocking Khusus
Gunakan stocking khusus akan dapat mengatasi pembengkakan kaki. Stocking yang dirancang khusus agar aliran darah di bagian kaki menjadi lancar. Ibu hamil bisa mencari stocking ini di toko ibu dan anak. Lakukan cara yang satu ini secara rutin demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Subscribe to receive free email updates: