Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil – Seorang ibu hamil sebaiknya harus mengetahui apa manfaat olahraga bagi kesehatan selama kehamilan. Rutin dalam melakukan olahraga akan membuat ibu hamil semakin bugar dan segar saat hendak menjalani aktifitas harian. Selain mendapatkan pasokan energi dan oksigen yang cukup bagi ibu hamil, berolahraga juga berimbas pada calon bayi yang dikandung, sehingga sama-sama sehat.

Namun penting untuk diketahui bahwa tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil. Jangan sampai kegiatan olahraga justru akan membuat ibu hamil merasa lelah dan bahkan cidera. Karena itulah, ibu hamil harus pandai menjaga kehamilan terutama pada usia masa hamil muda yang rentan terhadap kegugura. Adapun jenis-jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.
Jenis Olahraga Yang Tepat Dilakukan Ibu Hamil

1. Berjalan

Berjalan adalah salah satu olahraga bagi ibu hamil yang paling baik untuk dilakukan. Hanya denagn berjalan kaki seorang wanita hamil akan mampu melatih organ jantun janin sehingga tetap dalam keadaan sehat. Hanya saja beberapa ibu hamil mengalami masalah kaki bengkak pada saat berjalan kaki. Karena itulah, dianjurkan berjalan kaki selama 30 menit saja di setiap satu pekat cukup 3 hari. Berjalan kaki akan dapat mengurangi waktu persalinan dan berjalan normal

2. Yoga 

Ibu hamil biasanya sering mengalami kondisi mood yang berubah setiap waktu, bahkan lebih sensitif. Tentu saja olahraga Yoga mampu memperbaiki keadaan tubuh yang sedang letih atau tidak fit. Berlatih yoga pada saat hamil tidak perlu membutuhkan energi yang besar, layaknya olahraga lainnya. Hal tersebut karena fungsinya untuk mengurangi ketegangan, melancarkan persalinan dengan otot-otot, serta meningkatkan mood ibu hamil. 

3. Senam Jongkok

Senam jongkok memang memiliki manfaat untuk menguatkan otot-otot di bagian paha. Bahkan otot panggul juga dilatih secara mudah dalam peregangan, sehingga memudahkan anda ketika menghadapi persalinan nanti. Sebaiknya senam jongkok dilakukan pada trimester pertama dengan cara posisi punggung lurus dan perlahan, lalu turunkan badan hingga ke posisi jongkok. Tahan selama 10 detik dan perlahan kembali ke posisi berdiri.

4. Kegel 

Kegel rupanya bermanfaat untuk melatih dan memperkuat otot-otot panggul. Senam peregangan tersebut mampu membantu anda untuk melakukan persalinan lebih mudah. Bukan hanya itu, senam kegel sangat berguna untuk melatih otot di sekitar uretra, rahim, rektum dan  kandung kemih. Cobalah anda untuk melakukan gerakan, dengan cara duduk atau berdiri selama 3 hingga 10 detik. Terapkan latihan kegel setiap 4 kali sehari.

5. Sepeda Statis

Selanjutnya adalah jenis olahraga sepeda statis yang cukup baik dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga tersebut akan mampu mengirim serta meningkatkan oksigen ke otak bayi. Pasalnya selain olahraga berjalan kaki, melakukan sepeda statis terbilang lebih efektif akan kesehatan tubuh. Biasakan sekitar 10 atau 15 menit dalam melakukan latihan menggunakan sepeda statis untuk kesehatan.

Itulah beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan sampai proses melahirkan. Semoga bermanfaat baik bagi kita semua.


Subscribe to receive free email updates: