Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil – Mengonsumsi sayuran cukup penting bagi ibu hamil dan janinnya. Alangkah baiknya jikalau memilih jenis sayuran harus yang organik karena bebas dari pestisida. Namun bila memang tidak, maka anda harus perhatikan bagaimana prosedur mencucu sayuran saat hendak dihidangkan. Hal tersebut demi mendapatkan manfaat dari sayuran sehingga mampu menutrisi ke dalam tubuh.

Para pakar kesehatan sebenarnya menganjurkan untuk konsumsi sayuran dengan takaran 3 cangkir sayur dalam setiap harinya. Selain itu, juga perlu memvariaskan dan mengkombinasikan jenis sayu agar mendapat khasiat yang maksimal. Pilihlah sayuran hijau yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Nah, berikut ini sayuran yang baik dikonsumsi untuk para ibu hamil.

Kenali Asupan Sayuran Yang Baik Bagi Ibu Hamil

1. Bayam

Bayam memang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan manusia. Jenis sayuran hijau ini mengandung asam folat, kalsium, serat, mangan, potasium, zat besi, dan ragam vitamin penting lainnya. Maka tak heran jika nutrisi yang terkandung di dalam bayam mampu menghindarkan bayi dari kelahiran cacat bawaan.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kalsium serta asam folat yang baik untuk perkembangan sel saraf janin. Bukan hanya itu, kandungan serat, antioksidan, zat besi, dan mineral juga terkandung di dalam brokoli. Dengan begitu sayuran tersebut dianggap penting sebagai sumber makanan bernutrisi bagi ibu hamil dan janinnya.

3. Paprika

Paprika memilik kandungan vitamin C yang kadarnya lebih tinggi daripada buah jeruk. Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh karena dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Bahkan vitamin C tersebut mampu memudahkan kinerja penyerapan terhadap zat besi dalam tubuh ibu hamil.

4. Buncis

Sayuran jenis buncis diperkaya akan protein dan serat yang baik untuk tubuh. Di samping itu, buncis juga mengandung banyak vitamin K sehingga kesehatan tulang tetap terjaga. Pada saat mengonsumsi buncis, memungkinkan ibu hamil akan terbebas dari konstipasi dan sakit kepala selama masa kehamilan.

5. Wortel

Warna oranye wortel yang memilik banyak betakaroten, sehingga berguna untuk mengembangkan sel maupun jaringan saraf pada janin. Adapun jenis antioksidan tersebut sangat diperlukan untuk menangkal radikal bebas. Bahkan kandungan kalsium dalam wortel juga berperan penting dalam membangun jaringan tulang dan gigi pada buah hati. Sistem imun ibu hamil yang cendering melemah selama mengandung  janin akan bisa diperkuat dengan rutin mengonsumsi wortel.

6. Ubi Manis

Ubi manis yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar rupanya banyak memiliki kandungan vitamin A, potasium, dan serat. Apabila potasium bermanfaat untuk mempersiapkan ibu sebelum memasuki fase menyusui, maka serat dapat menghindarkan konstipasi yang biasanya menyerang ibu hamil.

7. Bit

Buah bit merupakan jenis sayuran yang amampu memurnikan darah selama kehamilan dan melindungi bayi sehingga bisa lahir secara normal. Apalagi kandungan asam  folat, vitamin C, dan zat besi membuat bit dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan organ hati. Maka tak heran jika pencernaan ibu hamil selal sehat selama kehamilan berlangsung.

Subscribe to receive free email updates: