Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil – Belakangan ini para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa masa kehamilan penting bagi ibu hamil untuk melakukan olahraga. Meskipun banyak pula mitos yang mengajarkan jika berolahraga akan membawa dampak buruk untuk ibu hami. Tentu saja tidak demikian, pasalnya olahraga yang dilakukan ibu hamil harus sesuai dengan usia kandungannya, misal mereka bisa jalan sehat, senam hamil, serta berenang.

Namun yang jelas hindari olahraga yang bersifat membebani atau aktifitas fisik lainnya. Pastikan olahraga yang dijalankan terasa menyenangkan agar mampu memperoleh manfaat setelahnya. Oleh karena itu, rutin berolahraga setiap pagi hari penting anda terapkan guna menunjang kesehatan baik ibu maupun janinnya. Berikut ini manfaat olahraga bagi ibu hamil yang harus anda ketahui.

Ini Dia Manfaat Melakukan Olahraga Bagi Ibu Hamil

1. Mempersiapkan Proses Persalinan
Keadaan anda yang semakin kuat pada masa kehamilan berlangsung, akan memungkinkan perasaan kuat juga pada saat proses kelahiran nanti. Pasalnya proses kelahiran bisa diidenrikan dengan lari maraton, sehingga membutuhkan stamina, determinasi, dan juga kefokususan tersendiri. Karena itulah, melakukan olahraga secara teratur akan mempermudah anda sekaligus memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan.

2. Mengembalikan  Bentuk Tubuh Asli
Sebenarnya, berolahraga mampu membantu anda untuk mengembalikan bentuk tubuh asli sebelum anda hamil. Jika anda berusaha untuk menjaga kekuatan dan bentuk otot selama masa kehamilan berlangsung, maka tubuh anda lebih mudah kembali ke bentuk aslinya setelah anda melahirkan. Selain itu, secara tidak langsung anda bisa mengurangi berat badan apabila memang menerapkan olahraga setiap hari dan rutin pada masa hamil.

3. Meningkatkan Energi Tubuh 
Siapa sangka  pada masa kehamilan energi dapat tersedot secara berlebih. Namun olahraga yang teratur bisa membantu anda melalui pekerjaan sehari-hari atau mengatasi jadwal kegiatan harian. Pasalnya dengan berolahraga sistem kardio vaskular akan semakin kuat, sehingga tidak mudah merasa lelah. Tentu saja otot yang lebih kuat dan terbentuk, anda tidak akan membutuhkan upaya terlalu lebih dalam melakukan aktifitas jenis apapun.

4. Kualitas Tidur  Semakin Lebih Baik
Apabila anda sedang mengandung janin dengan berat 7 kg atau lebih di bagian depan, untuk menemukan posisi tidu yang nyaman bisa menjadi hal paling berat untuk dilakukan. Namun, olahraga akan membantu anda dalam membuang energi, sehingga secara tidak langsung tubuh merasa capek atau lelah. Dengan begitu, tidur anda di malam hari akan berkualitas lebih baik dan terlelap.

5. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Semangat 
Memiliki anak merupakan anugerah yang terbesar dalam hidup. Tentu saja kehadiran anak akan membuat kondisi anda bisa menjadi semangat. Maka tak heran jika ibu hamil seringkali merasa khawatir dan cemas mengenai keadaan janin yang dikandungnya. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga akan meningkatkan serotonin tubuh. Dimana telah terjadi reaksi kimia otak yang mampu mempengaruhi mood, sehingga rasa stres akan semakin berkurang.

Subscribe to receive free email updates: