Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil – Menilik manfaat air kelapa bagi ibu hamil membuat para pakar kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi minuman tersebut di setiap harinya. Maka tidak ada salahnya jika mengganti minuman berkarbonasi atau kafein dan minuman ringan dengan air kelapa saat menjalani masa kehamilan. Apalagi minuman air kelapa asli merupakan minuman yang enak dan menyegarkan di tubuh.

Rupanya air kelapa lebih terkenal sebagai minuman tradisional sebagai obat untuk menyembuhkan racun dari dalam tubuh. Hanya dengan mengonsumsi air kelapa memungkinkan tubuh dapat membersihkan diri, terutama pada organ pencernaan yang terdapat berbagai senyawa yang merusak dan membahayakan tubuh. Nah, di bawah ini manfaat mengonsumsi air kelapa bagi ibu hamil.

Inilah Beberapa Manfaat Dari Air Kelapa Untuk Ibu Hamil


1. Mencegah Infeksi Saluran Kencing
Adapun keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah infeksi saluran kencing. Pasalnya adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kantung kemih. Apalagi air kelapa merupakan diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine sekaligus mampu mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. Bahkan beberapa ibu hamil merasa terbantu dalam mencegah infeksi saluran kandung kemih.

2. Mengatasi Konstipasi
Mengonsumsi air kelapa secara rutin rupanya mampu mengatasi masalah konstipasi. Mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh memang akan dapat mencegah wanita hamil mengalami masalah sembelit, konstipasi atau susah buang air besar. Hanya dengan konsumsi air kelapa ibu hamil bukan hanya mencegah dehirasi juga dapat mencegah konstipasi.

3. Membantu Mengurangi Kelelahan
Seperti yang kita ketahui bahawa air kelapa mengandung banyak elektrolit yang sangat baik untuk kebutuhan tubuh. Selain itu, kandungan elektrolit tersebut dapat dijadikan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, sehingga ibu hamil dapat terhindar dari dehidrasi. Tentu saja garam alami di dalam tubuh bisa digantikan dengan air kelapa. Pasalnya air kelapa kaya akan garam alami seperti klorida, potasium,  dan sodium.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Air kelapa yang kaya akan kandungan asam laurat merupakan anti bakteri, anti jamur, dan antiviral. Dimana asam laurat sendiri mampu membantu sistem pertahanan tubuh misalnya membantu melawan virus penyebab herpes atau flu. Alhasil pasokan asam laurat juga sangat berguna jika ibu hamil hendak menyusui kelak. Adapun zat tersebut akan membuat bayi yang baru lahir lebih kuat dalam menghadapi penyakit maupun infeksi yang menyerang.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah
Satu lagi air kelapa yang berguna baik untuk mengurangi pegal dan nyeri bagi ibu hamil. Hal ini ditimbulkan oleh sistem sirkulasi darah yang bekerja tidak optimal. Jika hal tersebut terjadi, memungkinkan janin di dalam kandungan akan berisiko terhadap suplai oksigen yang tidak cukup. Selain itu, kandungan potasium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung.

Jika anda sedang hamil dan ingin mengonsumsi air kelapa, pastikan anda meminum air kelapa asli, bukan air yang memiliki rasa kelapa. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: