Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin – Buah naga kini banyak dijumpai di pasar tradisional maupun supermarket. Hal ini membuktikan bahwa pentingnya mengonsumsi buah naga, terutama bagi ibu yang sedang hamil. Pasalnya di dalam buah naga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa setiap 10 gram buah naga segar diketahui mengandung 0,55 zat besi penting untuk ibu hamil.

Perlu dipahami jika wanita hamil kerapkali mengalami berbagai masalah kesehatan. Karena itulah, pasokan nutrisi sangat diperlukan untuk masa kehamilan. Apalagi bagi bayi dalam kandungan yang selalu membutuhkan oksigen guna memaksimalkan pertumbuhannya. Oleh karena itu, manfaat buah naga berkhasiat untuk ibu hamil dan janin.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin


1. Mencegah Keguguran dan Kelahiran Prematur
Biasanya masalah keguguran rawan sekali terjadi bagi ibu hamil pada usia kehamilan masih muda atau trimester pertama. Bahkan kelahiran prematur sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada bayi serta mengancam keselamatan bayi. Maka dari itu, perlu dicegah dengan banyak konsumsi asam folat seperti yang terkandung pada buah naga, sehingga mampu memperkuat kondisi janin dan mencegah keguguran.

2. Mencegah dan Mengatasi Anemia
Buah naga yang dapat anda konsumsi sehari-hari selama kehamilan juga akan mencegah dan mengatasi masalah anemia. Pasalnya seorang ibu hamil sangat rentan mengalami masalah kekurangan darah tersebut. Hanya dengan konsumsi buah naga secara rutin, memungkinkan dapat terhindar dari anemia. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

3. Sebagai Sumber Energi
Ibu hamil memang selalu membutuhkan energi yang cukup dalam menjalani aktifitas hariannya. Hal tersebut karena ibu hamil harus selalu berbagi nutrisi dengan janin yang ada di dalam kandungan. Adapun manfaat dari buah naga untuk ibu hamil adalah sebagai sumber energi. Alhasil di dalam 100 gram buah naga terdapat sekitar 9-14 gram karbohidrat. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga guna menambah tenaga dan stamina.

4. Memperlancar Pencernaan
Manfaat buah naga selanjutnya adalah untuk memperlancar pencernaan. Pasalnya pengaruh hormonal dan desakan janin akan menjadikan ibu hamil sangat rentan mengalami masalah sembelit. Karena itulah, ibu hamil harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Salah satunya adalah konsumsi buah naga yang mengandung serat sehingga mampu melancarkan pencernaan sekaligus menjaga kesehatan usus.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah naga mengandung vitamin C dosis tinggi, sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah tersebut. Apalagi buah naga bermanfaat baik untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh meningkat, memungkinkan ibuhamil akan dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Bukan hanya itu, janin yang dikandungnya juga akan terlindung dari serangan infeksi bakteri, virus, dan ragam penyakit.


Itulah manfaat yang bisa kita ketahui dari buah naga untuk ibu hamil. Semoga informasi di atas berguna bagi anda dalam memenuhi kebutuhan asupan nutrisi selama masa kehamilan berlangsung. 

Subscribe to receive free email updates: