Makanan Yang Harus Dihindari Agar Lebih Cepat Hamil

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Lebih Cepat Hamil – Tidak semua jenis makanan aman untuk dikonsumsi. Pasalnya makanan akan memberikan manfaatnya masing-masing jika dipergunkanan dengan tepat sesuai kebutuhan. Mengonsumsi suatu makanan dengan jumlah banyak dan waktu yang tidak tepat, makanan tersebut tidak akan memberikan manfaat baik untuk tubuh, yang ada justru akan memunculkan gejala-gejala buruk pada tubuh.

Untuk menghindari gejala-gejala buruk tersebut saat menjalani program kehamilan tentu harus memperhatikan jenis-jenis makanan yang mampu memicu reproduksi dan menghindari makanan-makanan yang dapat mengganggu jalannya sistem reproduksi. Berikut ini ada beberapa makanan yang harus dihindari agar memudahkan calon ibu dalam menentukan dan memilih jenis makanan.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Lebih Cepat Hamil

1.      Makanan Berlemak

Makanan berlemak mengandung kolestrol tinggi. Makanan ini memang memberikan efek kenyang lebih lama, namun kolestrol jahat yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Hal itu mengakibatkan nutrisi tidak dapat tercena dengan baik untuk keperluan tubuh. Keadaan ini akan menyebabkan hormon-hormon reproduksi sulit berkembang.

2.      Kedelai

Bahan dasar pembuatan tahu dan tempe ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, yaitu untuk meregenerasi sel dan mempercepat proses penyembuhan luka. Akan tetapi sangat disayangkan kandungan dalam kedelai tidak dapat diolah menjadi energi tetapi menjadi kontaminan di dalam tubuh wanita. Hal itu mengakibatkan menstruasi yang tidak stabil karena kenaikan kadar hormon tertentu serta untuk waktu lamanya dapat menyebabkan susah hamil.

3.      Ikan Hiu

Meski minyak hiu memiliki kegunaan untuk kecerdasan otak, tetapi daging hiu jika pengolahannya tidak benar akan membawa dampak buruk terutama untuk wanita. Wanita yang mengonsumsi daging hiu mentah atau diolah tetapi tidak dengan cara yang benar dapat memasukan merkuri kedalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui akan bahaya merkuri yang mana dapat menghambat kehamilan.

4.      Sarden

Ikan laut jenis ini sering dikemas dalam bentuk kalengan. Sarden yang berada di dalam kaleng dengan sarden segar memiliki kandungan gizi yang berbeda. Makanan kalengan pasti mengandung bahan pengawet agar mampu bertahan lebih lama. Namun sayangnya bahan pengawet tersebut berbahaya untuk seorang wanita, karena dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur sehingga menyulitkan untuk menentukan masa subur.

5.      Mackerel

Ikan yang satu ini masih asing di telinga, padahal ikan mackerel sering digunakan dalam bentuk kalengan maupun olahan barat. Ikan mackerel sebaiknya dihindari oleh wanita karena kandungan merkuri di dalamnya dapat mengurangi kualitas sel telur. Ikan ini juga dapat menyebabkan kanker serviks, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk memakan ikan ini. Bukan hanya kesulitan untuk hamil tetapi juga memberikan penyakit berbahaya.


Demikianlah ulasan mengenai makanan yang harus dihindari agar lebih cepat hamil. Dengan menghindari kelima makanan diatas serta menerapkan pola hidup sehat dapat memudahkan calon ibu untuk terhindar dari berbagai penyakit dan cepat mendapatkan momongan.

Subscribe to receive free email updates: