Inilah Khasiat Madu Bagi Kehamilan Wanita

Inilah Khasiat Madu Bagi Kehamilan Wanita – Madu merupakan cairan semi lilin yang dihasilkan oleh lebah. Madu mengandung banyak nutrisi didalamnya. Sebagai produk herbal madu memiliki segudang manfaat. Meski dinilai baik untuk semua kalangan, namun madu sebaiknya tidak diberikan pada anak dibawah satu tahun. Sedangkan untuk wanita hamil madu memiliki banyak manfaat.

Madu dapat memberikan beragam nutrisi serta senyawa kimia berkhasiat kepada janin dalam kandungan. Selain untuk janin, madu juga menjaga kondisi tubuh untuk wanita hamil. Madu akan membantu mengisi kekurangan nutrisi dan sebagai asupan kalori yang aman, karena kebutuhan kalori pada wanita hamil akan lebih banyak. Berikut ini ulasan mengenai khasiat madu bagi kehamilam wanita.

Khasiat Madu Bagi Kehamilan Wanita

1.      Sumber Kalori Bagi Tubuh

Rasa manis yang ditimbulkan oleh madu berasal dari sukrosa sejenis gula yang lebih aman dari glukosa. Selain mengandung sukrosa, madu juga memiliki karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks dan zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk memberikan kekuatan kepada ibu hamil serta mampu menghindarkan dari tekanan  darah rendah dan kadar hemoglobin rendah yang sering disebut dengan anemia.

2.      Menguatkan Janin Dalam Rahim

Madu memberikan beberapa senyawa yang membantu produksi hormnon HGC dan HPL. Hormon tersebut bekerja melekatkan telur pada dinding rahim, menjaga pelekatan telur pada dinding rahim, serta menjaga kondisi endometrium di dinding rahim. Kekuatan pelekatan janin pada dinding rahim akan terjamin sehingga terhindar dari kecacatan janin dan keguguran.

3.      Meningkatkan Sistem Imun

Selain yang sudah disebutkan, yaitu vitamin B, vitamin C dan zat besi, madu juga memiliki senyawa anti bakteri dan anti virus. Dengan demikian, mengonsumsi madu sebanyak dua sendok sehari dapat mencegah dari serangan penyakit ringan seperti batuk, pilek, dll. Sistem imun ibu hamil pun akan tetap terjaga hingga proses kelahiran.

4.      Mengurangi Rasa Mual

Rasa mual akibat kehamilan sudah menjadi hal wajar yang dialami oleh wanita. Rasa mual muncul karena peningkatan hormone HGC yang tinggi pada trimester pertama. Tidak hanya rasa mual yang timbul terkadang ibu hamil juga merasakan kembung dan sebah. Hal tersebut dapat teratasi dengan kandungan vitamin B dalam madu yang mampu memberikan efek rileks  serta menjadikan kondisi hipotalamus pada otak tetap terkendali.

5.      Mengurangi Insomnia

Tubuh manusia memiliki hormon serotin yang dapat dipicu dengan trypthophan dari dalam madu. Hormon serotin dapat menenangkan, memberikan kenyamanan dan rileks. Keadaan seperti itu memudahkan ibu hamil untuk tidur nyenyak. Hormon serotin dapat memicu hormon lain untuk memberikan rasa lapar sehingga membantu dalam proses perbaikan nafsu makan.

6.      Mencegah Resiko Hipertensi

Kandungan kalium, fosfor, serta magnesium pada madu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi disebabkan oleh beberapa hal seperti kadar alkali dalam tanah serta kelebihan air dalam darah. Pelepasan air dalam darah mampu menurunkan tekanan darah dan bisa kembali normal.


Demikian khasiat madu bagi kehamilan wanita, nyatanya madu memiliki banyak manfaat untuk kesehataan ibu hamil. Maka jangan ragu untuk mengonsumsi madu selama hamil.

Subscribe to receive free email updates: