Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil

Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil – Seorang ibu hamil memiliki banyak pantangan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya makanan yang harus dihindari tetapi beberapa aktifitas juga hurus dipertimbangkan lagi kadarnya. Aktifitas-aktifitas yang dilakukan semasa belum hamil harus diperhatikan lagi baik buruknya. Sebelum mengambil keputusan ada baiknya berkonsultasi dengan dokter tentang aktifitas yang akan dilakukan.

Hal itu bukan berarti wanita hamil tidak bebas dalam kegiatannya setiap hari. Namun tidak ada salahnya jika melakukan sesuatu berdasarkan hasil analisa yang tepat, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Baik keadaan ibu ataupun janin yang sedang dikandung. Berikut ini hal-hal yang wajib dihindari saat hamil yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk menentukan pilihan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan.

Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil

1.      Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Sudah pasti mengonsumsi alkohol dan merokok akan dilarang. Zat-zat kimia dberbahaya di dalamnya memberikan gangguan kepada perkembangan janin. Efek yang ditimbulkan memang tidak langsung terasa tetapi jika terus menerus dilakukan dapat menyebabkan keguguran bahkan kelahiran bayi dengan kondisi cacat bawaan.

2.      Menjalankan Diet

Seorang ibu hamil harus mengonsumsi dua kali lebih banyak jumlah nutrisi. Tentu mengurangi porsi makan atau yang biasa disebut dengan diet tidak diperkenankan. Diet akan membatasi jumlah makanan yang masuk untuk ibu hamil sedangkan di dalam tubuh nutrisi dalam makanan tersebut akan dibagikan melalui plasenta. Apabila nutrisi yang masuk berkurang dapat mengakibatkan bayi mengalami gizi buruk.

3.      Olahraga Berat

Banyak literatur yang memberikan kebebasan kepada ibu hamil untuk berolahraga. Informasi tersebut tidak dapat semena-mena diterima karena kondisi tubuh masing-masing ibu hamil berbeda. Bagi ibu hamil wajib hukumnya mengenali kondisinya sendiri kemudian konsultasikan dengan dokter jenis olahraga yang cocok. Olahraga yang pasti tidak boleh dilakukan yaitu jenis olahraga berat seperti fitnes, lari, dan workout-workout berat lainnya.

4.      Menggunakan Kosmetik

Kosmetik yang digunakan pada ibu hamil dalam jangka waktu lama dan mengharuskan kulit untuk menyerapnya lebih baik dihentikan. Terlebih lagi jika bahan-bahannya dari zat-zat kimia seperti merkuri misalnya. Merkuri berbahaya untuk kesehatan kulit apalagi pada kesehatan janin yang sedang ada dalam kandungan. Meskipun temasuk obat luar atau digunakan pada kulit tetap saja kandungan merkuri pada kosmetik dapat mempengaruhi kesehatan janin.

5.      Minuman Berkafein

Minuman-minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, soda dan minuman berenergi lebih baik dihindari oleh ibu hamil. Kandungan kafein dapat menyebabkan ibu hamil sulit tertidur dengan nyenyak. Kafein juga dapat memicu detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Meski hal itu termasuk sepele, jika diteruskan akan memberikan dampak buruk untuk ibu hamil maupun janin.


Itulah hal-hal yang wajib dihindari saat hamil, lebih baik ibu hamil menghindari hal-hal tersebut dan menggantinya dengan yang lain daripada mengambil resiko tinggi.

Subscribe to receive free email updates: