Daftar Buah Yang Tidak Baik untuk Ibu Hamil

Daftar Buah Yang Tidak Baik untuk Ibu Hamil – Nutrisi yang diperlukan ibu hamil tentu meningkat dari biasanya. Ibu hamil harus mampu memberikan nutrisi kepada janin yang dikandungnya. Pilihan yang mudah untuk memenuhi nutrisi tersebut adalah dari buah. Namun tidak semua buah dapat dimakan oleh ibu hamil. Ini mengharuskan ibu hamil waspada akan jenis buah yang akan dikonsumsinya.

Buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu buah yang belum masak, buah yang membuat perut panas, dan buah yang terdapat kandungan alkohol. Contohnya yaitu buah nanas muda, durian, nangka dan cempedak, anggur, pepaya muda dan delima. Berikut ini ulasan mengenai daftar buah yang tidak baik untuk ibu hamil.

Buah Yang Tidak Baik untuk Ibu Hamil

1.      Nanas Muda

Seperti yang sudah disebutkan, buah yang belum masak tidak diperkenankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nanas mengandung enzim bromelanin yang dapat menjadikan leher rahim melunak sehingga mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur. Penelitian tentang bahaya nanas ini belum memberikan hasil yang konkret namun dilihat dari banyaknya pengalaman akibat mengonsumsi nanas ini dapat disimpulkan bahwa nanas tida baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

2.      Durian

Sebagai buah yang mengandung alkohol dan asam arachidonat, durian tentu dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya alkohol dan asam arachidonat dapat menyebabkan kelahiran dini atau prematur bahkan keguguran. Buah durian juga sangat beresiko bagi ibu hamil yang menderita darah tinggi karena itu dapat memperparah darah tinggi yang diderita.


3.      Nangka dan Cempedak

Buah nangka dan cempedak masih satu jenis, kedua buah ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Akibat dari mengonsumsi buah ini yaitu perut terasa kembung dan bergas, serta pada janin akan mengalami peningkatan suhu dan kontraksi. Padahal janin tidak mampu untuk bertahan hidup pada suhu yang tinggi apalagi jika ditambah dengan kontraksi perut, hal itu akan memicu keguguran pada janin.

4.      Anggur

Kandungan gula yang ada pada anggur akan mudah terfermentasi saat berada di lambung. Hasil fermentasi itu berupa alkohol, Alkohol dapat memberikan suhu panas pada perut serta menghambat perkembangan janin. Seperti yang sudah diketahui akibat lain dari adanya alkohol dalam tubuh ibu hamil yaitu keguguran, gangguan saraf, gangguan sindrom, dll.

5.      Pepaya Muda

Buah pepaya muda mengandung banyak lateks yang mengakibatkan kontraksi pada rahim. Adanya kontraksi yang picu oleh buah pepaya muda akan mengakibatkan keguguran atau terlahirnya bayi prematur. Sebenarnya kandungan buah pepaya sangat baik, namun konsumsilah pada saat telah matang.

6.      Delima

Buah yang tidak mudah ditemukan ini memiliki warna merah yang khas. Bagian biji pada buah delima diyakini sebagai bagian yang paling berbahaya. Apabila buah delima dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat memicu kontraksi pada janin sehingga sangat beresiko terlahirnya bayi prematur.


Itulah daftar buah yang tidak baik untuk ibu hamil, jika ingin sekali memakan buah tersebut saat hamil maka berkonsultasilah dengan dokter kandungan dan makan sesuai dengan dosis yang ditentukan. 

Subscribe to receive free email updates: