Cara Menyamarkan Stretch Mark Pasca Melahirkan

Cara Menyamarkan Stretch Mark Pasca Melahirkan – Setelah melahirkan banyak wanita yang mengeluhkan akan permasalahan kulit seperti stretch mark. Stretch mark yang muncul setelah melahirkan terjadi pada bagian perut. Stretch mark sendiri timbul akibat kulit perut  melewati batas elastisitas saat merenggang. Stretch mark memiliki warna kemerahan berupa guratan-guratan panjang pada kulit. Hampir mirip dengan selulit, namun selulit berwarna kecoklatan.

Bagi seorang wanita munculnya stretch mark akan mengganggu keindahan kulit. Dalam proses penyembuhannya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang umum dipakai yaitu, cara langsung dan tidak langsung. Melalui cara langsung bisa dilakukan dengan menghindari konsumsi makanan berlemak, menerapkan pola hidup sehat serta menjauhi rokok. Cara tidak langsung dapat dilakukan dengan olahraga untuk mengancangkan kulit. Tidak hanya dua cara tersebut, beberapa cara berikut ini juga mampu menyamarkan stretch mark.

Cara Menyamarkan Stretch Mark Pasca Melahirkan

1.      Kopi

Setelah sukses menghilangkan selulit pada kulit, kopi juga bisa digunakan untuk menyamarkan stretch mark. Kandungan pada kopi memang bagus untuk kulit manusia, akan tetapi perlu diperhatikan dalam penggunaan kopi. Sebisa mungkin gunakan biji kopi murni yang telah dihaluskan untuk dijadikan scrub. Gosokkan kopi perlahan pada bagian stretch mark yang telah dibasahi dengan air, cukup diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu gunakan air hangat untuk membilasnya.

2.      Bubuk Coklat

Bubuk coklat yang berbentuk seperti tepung memiliki rasa yang pahit. Meski rasanya yang pahit, bubuk coklat diperkaya akan kolagen sehingga bisa digunakan untuk mengatasi stretch mark. Pastikan bubuk coklat yang digunakan terbebas dari bahan-bahan campuran lainnya. Pemakaian bubuk coklat pada stretch mark cukup mencampurkannya dengan air lalu oleskan pada kulit, biarkan meresap sekitar 15 menit kemudian bilas. Gunakan dua kali dalam sehari selama dua bulan.

3.      Minyak Jarak

Minyak jarak berasal dari tanaman jarak yang diolah sedemikan rupa hingga menghasilkan minyak. Minyak ini di perkaya oleh kolagen dan nutrisi mineral, dengan demikian memungkinkan minyak jarak untuk mengobati stretch mark. Selain stretch mark minyak ini dipercaya menghilangkan keriput, membuat awet muda dan menghindari penuaan dini. Cara menggunakannya dengan mengoleskan pada bagian yang bermasalah selama 30 menit setiap hari.

4.      Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal sejak lama memiliki banyak khasiat, kandungan didalam minyak zaitun juga beragam. Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, dan E. vitamin-vitamin itulah yang diandalkan untuk menghilangkan stretch mark. Cara memakainya seperti minyak-minyak yang lain, yaitu dengan mengoleskan pada bagian stretch mark salaam 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

5.      Gula

Pemanis yang mempunyai banyak fungsi ini bisa dijadikan scrub untuk menghilangkan stretch mark. Gula yang digunakan tentunya gula kasar yang memiliki tekstur seperti kristal-kristal kecil. Pemakaian gula ini dikenal dengan proses exfolisasi. Cara memkainya dengan mencampurkan gula dan madu menjadi satu lalu gosokkan pada stretch mark, setelah itu diamkan 15 menit kemudian bilas.


Cara menyamarkan stretch mark pasca melahirkan di atas dapat dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Biasanya dalam rentang waktu 2 bulan stretch mark sudah bisa tersamarkan.

Subscribe to receive free email updates: