Cara Mencegah Anemia Saat Masa Kehamilan

Cara Mencegah Anemia Saat Masa Kehamilan – Anemia menjadi hal yang wajar terjadi pada saat kehamilan, karena kebanyakan wanita hamil mengalami hal tersebut. Hal ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang akan kandungan nutrisi. Karena pada dasarnya nutrisi yang diperlukan oleh wanita hamil dua kali lipat lebih banyak. Wanita hamil selain memenuhi nutrisi untuk dirinya sendiri  juga untuk janin yang ada dalam kandungan.

Meski anemia sudah menjadi hal umum yang diderita oleh ibu hami, permasalahan ini tidak dapat diabaikan. Sering-sering berkonsultasi ke dokter kandungan agar anemia yang di derita dapat ditangani dengan baik. Ibu hamil juga dapat memperbanyak jenis sayuran hijau, daging merah, dan kacang-kacangan serta vitamin penambah darah untuk mengatasinya. Selain dengan cara tersebut, berikut ini ada beberapa cara mencegah anemia saat masa kehamilan.

Cara Mencegah Anemia Saat Masa Kehamilan


1.      Segera Memeriksakan Diri Ke Dokter Saat Mengetahui Hamil

Seorang wanita yang sudah menikah harus lebih peka terhadap dirinya sendiri dan mewaspadai akan gejala-gejala kehamilan yang mungkin terjadi. Segera mungkin memeriksakan diri ke dokter kandungan jika dinyatakan hamil. Pemeriksaan dilakukan bukan berarti kandungan mengalami masalah, namun untuk mengetahui kondisi tubuh. Salah satunya untuk mengetahui tekanan darah, potensi akan tekanan darah rendah atau anemia bisa saja terjadi, tetapi bisa dicegah terlebih dahulu jika mengetahui lebih awal.

2.      Rutin Melakukan Pemeriksaan Darah dan Kadar Hemoglobin

Salah satu cara untuk mengetahui seorang terkena anemia yaitu dengan pemeriksaan tekanan darah dan kadar hemoglobin. Pada umumnya tekanan darah yang normal berada pada kisaran 120/80 mmHg. Sedangkan untuk pengukuran kualitas darah dan warna merah pada darah ditentukan oleh kadar hemoglobin, kadar normal pada wanita berkisar 12 – 16 gr/dL. Jika ada tanda-tanda anemia yang muncul seperti pusing, kunang-kunang, lesu, dll segera untuk memeriksakan tekanan darah dan kadar hemoglobin agar menunjukan hasil yang nyata. Pemeriksaan dapat dilakukan secara rutin setiap bulan jika dirasa ada tanda-tanda anemia.

3.      Mengonsumsi Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi

Jenis makanan yang dipilih untuk mencegah terjadinya anemia yaitu makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi ini yang nantinya akan memproduksi hemoglobin pada darah. Zat besi yang berasal dari buah dan sayur lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Sayur dan buah yang kaya akan zat besi dan vitamin C dapat dijadikan alternatif penambah darah yaitu tomat, jeruk, mangga dan brokoli. Selain sayur dan buah, daging sapi, kambing, hati serta seafood seperti tiram, udang dan sarden juga bisa dijadikan makanan yang tepat untuk mencegah anemia saat  masa kehamilan.

4.      Mengonsumsi Suplemen Penambah Darah

Suplemen penambah darah mampu memberikan efek yang lebih cepat. Suplemen ini juga mudah ditemukan di apotek serta tidak repot untuk mengonsumsinya, biasanya disarankan sehari satu tablet saja. Namun bagi ibu hamil hal ini perlu dikonnsultasikan dengan dokter, apakah perlu untuk mengonsumsi suplemen penambah darah atau cukup dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi, pasalnya kebutuhan akan darah tiap-tiap orang berbeda jadi tidak dapat disamakan dengan pengobatan yang sama juga. Ada yang cukup mengonsumsi sayuran untuk menyembuhkan, ada juga yang harus meminum suplemen penambah darah berhari-hari.

5.      Mengurangi Konsumsi Minuman Berkafein

Wanita hamil sebaiknya memahami kandungan akan minuman yang akan diminumnya, pasalnya kandungan kafein tidak hanya pada kopi, namun teh juga mengandung kafein. Kafein dapat mengganggu penyerapan zat besi pada tubuh sehingga mengurangi kadar hemoglobin dalam darah. Untuk wanita hamil yang rentan akan anemia lebih baik mengurangi atau bahkan menghindari minuman berkafein. Janin dalam kandungan pastinya juga memerlukan zat besi untuk proses perkembangan.


Beberapa cara mencegah anemia saat masa kehamilan di atas dapat diterapkan baik semasa hamil maupun setelahnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: