Alasan Mengapa Orang Hamil Wajib Menghindari Alkohol

Alasan Mengapa Orang Hamil Wajib Menghindari Alkohol – Seorang ibu hamil memiliki banyak pantangan dalam berbagai jenis makanan dan minuman. Salah satu yang harus dihindari oleh orang hamil yaitu alkohol. Alkohol sendiri memiliki efek panas pada perut, hal ini tentu membahayakan janin pada orang hamil. Janin dalam perut tidak tahan akan rasa panas yang ditimbulkan dan dapat menyebabkan keguguran karena janin tidak mampu untuk hidup.

Apabila orang hamil tersebut memiliki kecanduan berat akan alkohol, beberapa ahli menyarankan untuk meminum alkohol paling banyak seminggu dua kali. Namun, sebaiknya orang hamil berusaha sebisa mungkin menghindari alkohol karena lebih banyak hal buruk yang ditimbulkan. Kesehatan janin dalam perut dapat terganggu dan perkembangannya pun terhambat. Berikut ini beberapa alasan mengapa orang hamil wajib menghindari alkohol.

Alasan Mengapa Orang Hamil Wajib Menghindari Alkohol


1.      Menyebabkan Keguguran

Seorang yang sedang hamil dalam trimester pertama wajib untuk menghindari alkohol. Janin didalam perut belum kuat untuk bertahan hidup. Kondisi perut yang terasa panas akan membuat janin kesusahan dalam melanjutkan kehidupannya. Yang ada janin akan mati dan terjadi proses keguguran. Penting hukumnya bagi orang hamil untuk memahami hal ini, karena akibat yang ditimbulkan menjadi fatal.

2.      Perilaku Terganggu

Pada orang yang sedang meminum alkohol memiliki sikap perilaku yang berbeda. Konsentrasi dan kesadarannya terganggu serta dapat membahayakan orang lain. Ini juga akan terjadi pada janin, jika ibu dari si janin mengonsumsi alkohol. Umumnya efek tersebut dirasakan jika janin dalam perut mampu bertahan hidup dan tumbuh menjadi dewasa. Pada masa kanak-kanak gangguan perilaku mulai nampak, seperti perilaku hiperaktif dan temperamental. Hal itu tentu akan menyulitkan si ibu dalam mendidik.

3.      Janin Kekurangan Berat Badan

Kandungan dalam alkohol mampu mengikat beragam jenis gizi dalam tubuh ibu hamil. Janin dalam perut hanya akan menerima nutrisi rusak, sehingga menyebabkan janin tidak berkembang sempurna dan mengalami kekurangan berat badan. Pertumbuhan tulang pada janin juga terhambat, ini akan membahayakan jika nantinya janin mampu bertahan hidup kemudian lahir kedunia. Bayi yang terlahir tidak mampu menopang tubuhnya karena pertumbuhan tulang pada saat dalam kandungan terganggu.

4.      Tubuh Janin Lemah

Berbagai macam gangguan yang diakibatkan alkohol memang berbahaya, salah satunya yaitu sistem imun pada janin. Bayi yang semasa dikandungan terkena efek alkohol mudah terkena penyakit nantinya. Karena sistem imun yang gagal dibuat pada masa di dalam kandungan. Tidak hanya sistem imun, sistem saraf bayi juga bisa terganggu. Bayi akan sulit menganalisa sesuatu kerena sistem sarafnya yang tidak bekerja dengan baik.

5.      Kesulitan Tidur

Wanita hamil yang mengonsumsi alkohol dapat perdampak pada sulitnya pola tidur bayi. Bayi yang telah lahir akan lebih sering menangis ketimbang tidur. Hal ini dapat menyebabkan bayi kolik. Bayi seharusnya memiliki jam tidur yang lebih banyak dari orang dewasa. Kurangnya jam tidur pada bayi akan berdampak pada kesehatan bayi. Berbagai penyakit akan bermunculan saat bayi kekurangan tidur.


Itulah alasan mengapa orang hamil wajib menghindari alkohol karena bahaya yang ditimbulkan justru lebih kepada bayi ketimbang ibu hamil itu sendiri.

Subscribe to receive free email updates: